Dengan Ngeblog Serasa Memiliki Dunia Baru

Sebelum membaca tulisan ini, monggo singgah dulu di GA Obrolin ya ….

Kita semua manusia memiliki dunianya masing-masing, entah itu dalam kehidupan berumah tangga (bagi yang sudah menikah), kehidupan di lingkungan sekitar tempat tinggal kita, dan  di dunia kerja kita sehari-hari.  Bagi yang masih sekolah/kuliah tentu memiliki dunianya tersendiri di  lingkungan sekolah/kampusnya.  Terkadang diantara kita juga memiliki dunia terkait hobinya. Di era sekarang  sebagian besar masyarakat modern memiliki dunia baru, yakni dunia maya melalui berbagai akun media sosial yang dimilikinya.

Ngeblog merupakan salah satu akun dunia maya yang sangat berbeda dengan akun-akun media sosial lainnya. Di media sosial seperti facebook misalnya, orang lebih banyak memanfaatkannya untuk ajang riya dan menyindir orang lain, meskipun ada juga yang memanfaatkannya untuk berbagi ilmu dan pengalaman, tetapi jumlahnya lebih sedikit.  Sedangkan ngeblog   dimanfaatkan orang untuk menyalurkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan yang jauh dari kesan riya atau hal-hal tak bermanfaat lainnya. Dengan ngeblog tak jarang tulisan kita bisa muncul pada barisan atas pencarian google.

Pada  awal-awal ngeblog dulu, saya kadang mencoba mengetik nama atau kata-kata dalam judul postingan saya pada kotak pencarian Google. Jika  postingan saya muncul pada  barisan hasil pencarian google, saya merasa sangat senang dan terbersit sedikit rasa bangga.  Karena sebelumnya saya hanya  terbiasa mengakses tulisan di internet untuk dikutip, dirangkum atau bahkan  disalin  sebagai bahan  materi ajar ataupun tugas-tugas saat kuliah, tetapi kini saya dapat menyajikan tulisan yang dapat diakses oleh  orang lain.  Terlepas  apakah tulisan saya berkualitas atau tidak, yang penting sudah terpampang diinternet dan dapat dimanfaatkan oleh  orang lain, itu sudah membuat saya senang dan meningkatkan penerimaan diri saya.

Ngeblog  semakin menggairahkan tatkala pengikut semakin bertambah, yang diikuti saling kunjung dengan sesama bloger menjadi kegiatan di sela-sela  waktu luang, hingga saling meng-klik tombol  suka  dan  memberi komentar  pada postingan. Komentar para pembaca yang pada umumnya sesama bloger merupakan   energi tambahan dalam  menulis. Melalui kegiatan Blog Walking (BW) tersebut saya semakin merasa memiliki dunia baru yang mengasyikan, terlebih setelah tergabung dalam komunitas Obrolin.  Meskipun saya jarang ikut ngobrol  dalam Obrolin, terkadang saya menyempatkan membaca  chat-chat anggota lain, yang seringkali memuat suatu infomasi yang sangat bermanfaat.

Melalui BW  pula,  saya merasa memilliki komunitas pertemanan yang baru. Sama seperti komunitas di dunia nyata, hubungan sesama bloger  di dunia maya juga ada yang berteman lumayan akrab, agak  akrab, tidak akrab, dan ada yang masih sekedar mengenal saja.  Demikian pula hampir sama seperti di dunia nyata dalam ngeblog saya juga terkadang merindukan  teman-teman, terlebih teman yang  lama tak muncul baik tulisan maupun kegiatan BW nya, seperti mas Shiq4 dan Bidarinya Abu rauf. Saya bertanya-tanya ada apa dengan mereka  sehingga tak lagi muncul. Mas shiq4 yang kita kenal melalui tulisan atau komentarnya selalu memotivasi kita untuk  konsisten menulis, mengapa tiba-tiba tak muncul lagi. Dan sampai sekarang saya belum memperoleh jawabannya.  Semoga saja beliau baik-baik saja.

Baiklah pembaca, sekilas dari apa yang saya tuliskan diatas tersirat dan tersurat bahwa ngeblog itu banyak  manfaatnya. Berikut  4 manfaat terbesar ngeblog  bagi saya, yang sebagian diantaranya telah saya singgung  pada paparan di atas.

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri
PD, juru bicara.com

sumber gambar: jurubicara.com

Karena merasa bisa ikut andil dalam menyajikan informasi dalam bentuk tulisan kepada khalayak, maka muncul perasaan bahwa kita masih berguna di tengah masyarakat khususnya melalui internet.

  • Menambah Teman
Teman (kompasiana.com)

sumber gambar: kompasiana.com

Seperti yang sudah saya uraikan di atas , bahwa melalui blogwalking dan komunitas Obrolin, saya merasa memiliki teman baru yang seringkali memberikan perhatian melalui masukan, koreksi, atau dukungan sehingga dapat selalu memotivasi saya untuk terus ngeblog.

  • Sebagai Sarana rekreasi

Pernah saya ceritakan di sini, bahwa sebelum aktif ngeblog waktu luang saya lebih banyak saya manfaatkan untuk rekreasi di depan televisi dengan menonton drama korea hingga 3 sampai 4 jam sehari. Tetapi setelah aktif ngeblog saya jarang sekali  menontonnya dan beralih rekreasi  ke dunia baru saya ini.  Sama-sama mengisi waktu luang, tetapi saya merasakan ngeblog lebih banyak manfaatnya dibanding menonton drama korea, minimal menambah teman dari seluruh Indonesia, meskipun hanya di dunia maya.

  • Mewariskan Tulisan Kepada Anak Cucu
warisan (theministryofezekial.blogspot.com)

sumber gambar: theministryofezekiel.blogspot.com

Tulisan yang diposting di internet tak akan hilang meskipun komputer/laptop atau Handphone yang kita gunakan untuk mempostingnya sudah rusak ataupun hilang, bahkan meskipun pemilik blognya telah tiada sekalipun. Maka dengan memiliki blog, saya dapat mewariskan tulisan-tulisan yang dapat diakses oleh anak cucu saya baik ketika saya masih ada, maupun setelah tiada. Warisan berupa tulisan sudah pasti tak akan mereka perebutkan karena semua dapat mengambilnya sesuka mereka.

Jadi kesimpulannya, bahwa dengan ngblog saya merasa memiliki dunia baru yang mengasyikan, yang saya rasakan manfaatnya antara lain meningkatkan rasa percaya diri, menambah teman, sarana rekreasi dan dapat dijadikan warisan untuk anak cucu.

Demikian pembaca, semoga bermanfaat.

Ayo adik-adik   ikutan Give Away Obrolin, khususnya mas Desfortin, Mbak Ayu Frani , dan mas Abdul Djalil , ikutan ya …. waktunya sampai besok

Iklan

54 thoughts on “Dengan Ngeblog Serasa Memiliki Dunia Baru

  1. blog bisa jadi warisan untuk anak dan cucu nantinya ya bu Nur..
    nantinya juga kita bisa tersenyum kembali saat membaca ulang artikel yang dulu-dulu, saya sering melakukan hal tersebut

    Disukai oleh 1 orang

  2. Waah, iya Mas Shiq lama ga keliatan. Jadi kangen sama tulisan-tulisannya jg bun.

    Tulisan sebagai warisan, saya inget waktu dulu Bunda menuliskan tentang tulisan sebagai warisan anak-cucu. Hehe. Pasti nanti jd warisan yg menyenangkan, membaca kisah-kisah bunda.

    Disukai oleh 2 orang

  3. Blog sebagai warisan untuk anak-cucu, setuju Bu. Meski tulisan pribadi masih random, tapi ayuk lah semangat nulis! 😀

    Sebenarnya saya jarang BW hehe. Biasanya dapet teman bloger dari teman yang sudah diikuti sebelumnya. Senang rasanya kalau satu interest. Seolah nemu sahabat. Meski belum pernah ketemu langsung. Aaaak. Ngeblog memang menyenangkan. 😄

    Disukai oleh 2 orang

  4. Cinta suka dg kata “warisan”, knp tak trpikirkan oleh Cinta?

    Waduh hrs segera berbenah ini biar tulisannya smakin bagus, khawatir sja kl tulisan Cinta msh bgtu2 sja, jd mwariskan yg biasa2 sja 😢

    Disukai oleh 1 orang

  5. Wah, gak smpat dech sy ikut GA-nya ..😂 ni msh otw. Td mlm hrs berhenti kehujanan pas pulang mnuju Kinipan, tdur di jln dech jadinya.

    Ad mas shiq4 jg disebut. Iya, kmna mas shiq4 ya? Smpai saat ini sy msh heran ttg keberadaan ybs. Smoga ybs baik2 sja.

    Pas bnget ulasannya mbak Nur, judul dan kontennya slaras. Sy jg merasakan hal yg sama ttg ngeblog, bnyak manfaatnya.

    Disukai oleh 1 orang

  6. Title …please go to the internet sites we comply with, which includes this one particular, because it represents our picks in the web…

    Disukai oleh 1 orang

  7. Ping-balik: Pengumuman Giveaway Obrolin – Obrolin

    • Makasih sdh singgah mas,
      iya meskipun blm pernah bertatap muka teman ngeblog jg memunculkan kedekatan emosi shg kadang timbul kangen juga.
      Btw, Mengapa tak lagi ngeblog di mywapblog mas, siapa tahu diantara teman masih ada yg aktif

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s